PELATIHAN PEMBUKUAN USAHA KECIL

Sabtu, 22 Februari 2020. Hari ini Koperasi Kredit Mitra Sejahtera (KKMS) Cimahi mengadakan Pelatihan Pembukuan Usaha Kecil sebagai wujud nyata gerakan pemberdayaan bagi anggota. Pelatihan yang difasilitasi oleh Yoseph Syurdi ini diikuti oleh 25 orang anggota dari 40 orang yang mendaftar. Mereka adalah para pelaku usaha dari berbagai jenis usaha seperti katering, aneka kue, kripik, bumbu dapur, konveksi, hingga bengkel motor. Bertempat di gedung Agustinus, jalan Gatot Subroto Kota Cimahi, pelatihan berlangsung dari pkl. 09.00 sampai pkl. 12.00. Tampak peserta begitu antusias mengikuti jalannya pelatihan tersebut. Dengan model pembelajaran workshop, membuat para peserta terlibat aktif dalam menyusun pembukuan usahanya. Mereka tampak sibuk menyusun data keuangan di setiap lembar kerja. Melalui pola ini, para peserta langsung mempraktekan cara menyusun pembukuan usahanya.

Pelatihan Pembukuan Usaha Kecil  adalah salah satu program kerja pemberdayaan tahun 2020 yang bertujuan untuk membantu para peserta (anggota dan calon anggota) agar memiliki kemampuan melakukan pencatatan keuangan usahanya. Pencatatan keuangan usaha merupakan hal penting bagi pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Dengan melakukan pencatatan keuangan secara baik dan benar, pelaku usaha  dapat mengetahui secara pasti perputaran modal usaha, pendapatan kotor dan pendapatan bersih, biaya-biaya yang dikeluarkan, termasuk berapa biaya yang dikeluarkan untuk mengangsur pinjaman dan berapa yang bisa disisihkan menjadi tabungan. Singkatnya, pelaku usaha dapat lebih mudah melihat perkembangan usahanya melalui laporan keuangan. Manfaat lainnya adalah, pelaku usaha dapat dengan mudah menyajikan pembukuan usahanya saat mengajukan pinjaman ke KKMS. 

 

Pelatihan ini digulirkan oleh Komite Pendidikan dan Komite Pemberdayaan. Sebagai salah satu pilar Gerakan Koperasi Kredit (Credit Union), pendidikan merupakan alat sekaligus sarana untuk meningkatkan kualitas SDM selain sebagai sarana pembangunan karakter. Pendidikan telah terbukti ampuh mengubah cara berkoperasi yang lebih baik bagi para anggota KKMS. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan ini, para anggota memiliki ketrampilan dalam melakukan pembukuan usahanya. Dengan demikian, usaha para anggota (dan juga calon anggota) dapat semakin berkembang. (Hermanus E.R.