KKMS IKUT MELAWAN CORONA

Cimahi, Selasa 24/03/2020. Beberapa hari terakhir ini, masyarakat Kota Cimahi semakin bertambah resah akibat adanya seorang pasien dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Virus Corona (Covid-19) di Rumah Sakit Dustira meninggal dunia. Dikutip dari GALAMEDIANEWS.COM, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, drg. Pratiwi pada Senin, 23 Maret 2020 membenarkan bahwa pasien tersebut mengalami gejala klinis seperti Covid-19, sehingga langsung dilakukan perawatan di rumah sakit rujukan, namun dengan penyakit penyerta. Lebih lanjut, drg. Pratiwi belum bisa memastikan, apakah pasien tersebut meninggal akibat Covid-19 yang menjangkiti tubuhnya atau bukan. Saat ini, pihaknya masih menunggu hasil uji laboratorium untuk memastikan penyebab meninggalnya pasien tersebut.

Himbauan pemerintah baik pusat maupun daerah, agar masyarakat tetap tenang, dan tidak panik harus ditaati oleh segenap lapisan masyarakat. Masyarakat juga dihimbau agar mengakses informasi yang valid dari situs resmi pemerintah agar tidak termakan berita hoaks. Dengan demikian, setiap anggota masyarakat baik secara pribadi maupun bersama bisa melakukan langkah-langkah nyata untuk melawan Covid-19.

Sebagai bagian dari masyarakat Kota Cimahi, Koperasi Kredit Mitra Sejahtera (KKMS) juga melakukan upaya nyata untuk melawan Virus Corona. Hari ini Selasa, 24 Maret 2019, Manajemen KKMS mengajak seluruh staf melakukan kerja bakti membersihkan gedung Grha Mitra di Kompleks Ruko Kota Mas dan seluruh isinya dengan cairan disinfektan. Bagi anggota yang datang untuk melakukan transaksi, disiapkan perlengkapan untuk mencuci tangan di pintu masuk selain hand sanitizer. Tempat duduk di ruang tunggu pun diatur untuk menjaga jarak duduk seorang terhadap yang lain. 

  

Karena menyadari uang merupakan salah satu media penyebaran Covid-19, maka untuk mematikan virus yang melekat pada uang tersebut dilakukan pemanasan dengan menggunakan setrika. Diharapkan, dengan melakukan pembersihan di sekitar area kerja KKMS, lingkungan sekitar menjadi steril dari penyebaran Covid-19. Semoga upaya nyata tersebut bisa berkontribusi menekan penyebaran Virus Corona yang semakin meluas. Selain upaya tersebut di atas, Manajemen KKMS juga mengambil kebijakan bekerja dari rumah untuk melindungi para karyawannya. Meskipun demikian, para karyawan diharapkan tetap produktif dan serius bekerja dari rumah. Langkah ini diambil sambil mencermati perkembangan dari waktu ke waktu.

Doa kita bersama, semoga berbagai upaya yang dilakukan pemerintah bersama masyarakat dapat membuahkan hasil yang positif terhadap pemusnahan Covid-19. Dengan demikian tidak ada lagi korban meninggal, dan yang sedang dirawat segera mengalami kesembuhan. (Hermanus ER.)